HIJRAH

Beberapa tahun ini kita sering dengar kata HIJRAH Terutama dikalangan karyawan dunia perbankan. Dan salah satu komunitas XBank (komunitas mantan pekerja lembaga keuangan) anggotanya sudah lebih dari 6000 se Indonesia.
Dan ini akan menjadi tantangan yang luar biasa bagi pelaku (pekerja yang hijrah), keluarga dan dunia perbankan.
Nah kali ini saya akan lihat dari sudut pandang pekerja yang hijrah. (Ini berdasarkan hasil pendampingan saya sehingga perlu sudut pandang lain).
Kita mulai dari harta. Ada 3 hal orang hijrah berkaitan dengan harta pada saat hijrah yaitu
1. Harta melebihi utang
2. Harta nol (hijrah harta dijual nutup utang dan ga tersisa)
3. Harta minus (hijrah harta dijual nutup utang minus)
Mungkin kita fokus pada ke 2 dan khususnya ke 3. Apa yang harus dilakukan dalam kondisi seperti ini?
1. Tobat (lakukan sholat tobat atas semua dosa yang sudah kita lakukan terutama dosa riba kita, selama ini kita hidup dari sini, makan dari riba, semoga Alloh mengampuni dosa kita. Aamiin)
2. Sholat tepat waktu dan berjamaah di masjid. Sholat adalah tiang agama, apabila sholat kita bermasalah maka hidup kita bermasalah.
3. Niat benar benar meninggalkan riba karena banyak tawaran masuk untuk kembali ke dunia riba, sementara secara ekonomi kita sedang terpuruk.
4. Kuatkan keluarga.
Orang yang akan merasakan kondisi kita pertama adalah keluarga, tanamkan keyakinan bahwa kita meninggalkan riba akan diuji oleh Alloh tentang keimanan kita dengan sedikit ketakutan, kelaparan) apabila ini tidak ditangani dengan baik bisa sampai perceraian, silaturahmi putus dengan keluarga.
5. Berkomunitaslah dengan yang sevisi karena nanti banyak hal positif kita dapat, selalu dikuatkan mental untuk menghadapi hidup.
6. Perbanyak silaturahmi apabila saat ini kebutuhannya adalah recovery mental maka silaturahmilah keteman teman SD dan SMP, kalau kebutuhannya usaha silaturahmilah ke mantan nasabah sambil minta maaf dan cerita peluang usaha.
7. Fokus pada peluang, ini yang akan membuat hidup anda selalu penuh dengan optimisme.
Sementara 7 hal ini dulu saja (karena saya senang dengan angka 7) semoga bermanfaat.


Purwokerto, 27 maret 2018
Hadiono2023
HIJRAH HIJRAH Reviewed by Unknown on 05.51.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.