HIDUP, PENGHIDUPAN & KEHIDUPAN






Kita di dunia ini akan menemui yang namanya hidup. Rata-rata umur manusia Indonesia sekarang ini adalah dikisaran 60 sd 70 tahun. Mari kita sama-sama hitung, usia kita saat ini. Coba anda perkirakan sampai usia berapa kita akan hidup? Masih berapa lamakah usia kita? Dalam hidup yang sudah kita jalani ini, sudah bermanfaatkan untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain? inilah makna HIDUP dimana kita telah menjalaninya dan akan menjalaninya sampai dengan kita meninggal dunia.

Untuk menjalani hidup ini kita butuh yang namanya PENGHIDUPAN atau sesuatu yang dikerjakan oleh kita supaya menghasilkan sesuatu (gaji, uang, makanan) yang digunakan untuk hidup kita. Penghidupan banyak sekali yang bisa kita lakukan seperti profesi guru, dokter, pegawai bank, wiraswasta ataupun harus merantau keluar negeri untuk mencari Penghidupan. Inilah makna penghidupan.

KEHIDUPAN adalah sesuatu yang bisa kita nikmati dari proses hidup dan penghidupan tersebut. Sehingga diharapkan kita bisa hidup dengan penghidupan kita dan bisa menikmati kehidupan ini.

Banyak contoh sosial di masyarakat seperti pegawai bank, karyawan bank saat ini sudah hidup (usia pegawai bank paling tidak dimulai dari 18 tahun sampai dengan rata-rata 55 tahun pensiun), pegawai bank adalah bentuk penghidupan, dan untuk mempertahankan penghidupannya (pekerjaannya) harus bekerja dari pagi sampai larut malam, belum emosi yang tidak sebanding (penulis bekerja di lembaga keuangan sejak tahun 1997 sampai saat ini) hanya untuk mempertanakan jabatan, mengejar target supaya bisa naik gaji dan tidak di turunkan jabatan atau dipecat dan masih banyak lagi tekanan secara emosional bekerja di perbankan. Dengan pulang malam, komunikasi dengan anggota keluarga sangat minim sekali, bolehlah kita bicara yang penting kualitas pertemua bukan kuantitas. Tapi ini pengalaman menarik, teman saya keluar dari bank gara-gara pada saat hari sabtu dan minggu, anaknya yang masih balita tidak mau digendong oleh dia. Sehingga dia mengundurkan diri dengan alasan dia hidup dengan cari penghidupan sebagai pegawai bank tapi kehilangan kehidupan sehingga saat ini yang bersangkutan wiraswasta supaya dia hidup dengan penghidupannya dan bisa menikmati kehidupan.

Masih banyak contoh lain, misal TKW yang untuk mencari penghidupan harus keluar negeri, begitu pulang suaminya sdh menikah lagi, sementara anaknya karena kurang perhatian sudah jadi pemabok, putus sekolah. Sehingga untuk hidup dia cari penghidupan di luar negeri, dia harus kehilangan kehidupannya (ditinggal suami dan anak tidak terdidik).

Hal yang sering terjadi adalah apabila kita punya utang, karena tidak punya uang kita pinjam tetangga, setelah lewat janji kita ga bisa bayar, maka kita jadi tidak berangkat kumpulan RT, kalau pergi pakai jalan lain karena malu ketemu tetangga, maka itu namanya kita sudah KEHILANGAN KEHIDUPAN.

Maka marilah kita HIDUP dengan mencari PENGHIDUPAN dimana kita bisa menikmati KEHIDUPAN ini.

Purwokerto, 4 april 2018

Hadiono2023

HIDUP, PENGHIDUPAN & KEHIDUPAN HIDUP, PENGHIDUPAN & KEHIDUPAN Reviewed by Unknown on 01.19.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.